Use this space to put some text. Update this text in HTML

iklan

Minggu, 14 Desember 2014

Healthy Life Styles

  Ingin hidup  selalu sehat? ya pasti... berikut ini ada beberapa gaya hidup sehat agar hidup selalu sehat :
1. Makan Sebelum Lapar , Berhenti Makan Sebelum Kenyang
         Sebaiknya kita berhenti makan sebelum kenyang karena perut kita memiliki kapasitas untuk mencerna makanan yang kita konsumsi.  Rasulullah SAW bersabda : “Tiada memenuhi anak Adam suatu tempat yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah untuk anak Adam itu beberapa suap yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika tidak ada cara lain, maka sepertiga (dari perutnya) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minuman dan sepertiganya lagi untuk bernafas.” (HR. Tirmidzi dan Hakim)

2. Tidur Yang Cukup
        Sebagai manusia kita juga perlu istirahat untuk mengistirahatkan pikiran dan energi yang kita miliki. Porsi waktu tidur yang baik telah dicontohkan oleh Rasulullah. Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan cepat tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. 

3. Olahraga
        Berolahraga secara teratur juga dapat membuat tubuh kita sehat dan bugar. Dengan berolahraga pasokan oksigen akan bertambah serta sirkulasi darah ke otak juga semakin lancar. Sehingga tak heran bahwa setelah berolahraga tubuh kita akan terasa lebih segar.

4. Mengurangi Makanan Cepat Saji
         Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji tentunya tidak baik bagi tubuh kita. karena didalam makanan tersebut tentunya mengandung mengawet dan zat- zat lain yang jika dikonsumsi terus menerus akan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

5. Mengurangi Makanan Berminyak
          Makanan berminyak seperti gorengan atau makanan yang digoreng tentunya memiliki banyak lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol yang beresiko terhadap penyakit jantung yang dapat berujung penyakit stroke. Selain itu terlalu sering makan gorengan juga dapat menyebabkan kanker. Jadi, jangan terlalu sering makan makanan yang berminyak, lebih baik makan makanan yang direbus,

6. Selalu Bahagia
         Selalu bahagia dengan apa yang kita miliki. Hal itu berarti apapun yang kita miliki kita harus senantiasa mensyukurinya. Seperti firman Allah swt :
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7).

 
           

Sumber :
Berbagai sumber
Berita Islami Masa Kini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar