Use this space to put some text. Update this text in HTML

iklan

Senin, 30 Juni 2014

Tips Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum wr wb
Bulan Ramadhan telah tiba. Saatnya meraih berkah dan pahala pada bulan suci ini. Banyak godaan yang hadir, namun kita harus tetap kuat dalam menjalani ibadah pada bulan suci ini. Berikut ada tips selama menjalani Bulan Ramadhan yang suci ini:

1.Niat 
    Semua kegiatan sebaiknya diawali dengan niat. Dan tentunya dengan niat yang benar, mengharap ridho Allah SWT.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya setiap amalan itu dinilai dengan niat. Dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang ingin dia peroleh atau wanita yang ingin dia nikahi maka hijrahnya kepada apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari dan Muslim dari ‘Umar bin al-Khaththab radhiyallahu’anhu)

2. Jalankan Sahur
  Sahur merupakan salah satu sunah Rasulullah saw. Didalam sahur terdapat keberkahan yang besar dan banyak manfaatnya bagi kita.Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,“Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur.” (Muttafaq ‘Alaih)

3.Berbuka dengan yang manis
   Apabila waktu Maghrib tiba. Maka segerakanlah untuk berbuka, karena tidak baik apabila ditunda-tunda. Berbuka sebaiknya diawali dengan yang manis-manis. Hal ini karena makanan dan minuman manis mengandung kalori yang mudah diserap tubuh. Sehingga dapat segera mengembalikan tenaga yang hilang. Namun juga jangan berlebihan, karena yang berlebihan itu juga tidak baik.

4. Melakukan hal yang positif
    Selama puasa sebaiknya kita mengisi dengan kegiatan yang positif yang dapat menambah pahala. Saat puasa, tidur saja mendapat pahala, apalagi kalau melakukan hal hal lain yang positif. Jika kita melakukan hal hal yang negatif, akan berdampak buruk bagi kita, dan tentunya dapat mengurangi pahala puasa kita. 

Sekian yang dapat saya postingkan. Semoga bermanfaat... :)
Wassaamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar